MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PENERBANGAN RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG

NURUL, FATIMAH (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PENERBANGAN RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman Depan sd BAB II Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Thesis Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pengembangan kurikulum merupakan proses perencanaan kurikulum untuk menghasilkan kurikulum yang luas dan spesifik. Hal ini menyebabkan keberadaan kurikulum menjadi sangat vital dibandingkan dengan komponen-komponen pendidikan lainnya. Kurikulum adalah energi untuk keberhasilan tiap-tiap komponen pendidikan, namun tidak semua lembaga pendidikan bisa merencanakan, mengorganisir, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum ini dengan baik, maka perlu strategi untuk mencapai pendidikan yang efektif dan efesien. Strategi tersebut merupakan pendayagunaan sumberdaya yang ada dalam sistem pendidikan. Proses manajemen Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung bertujuan untuk mengetahui proses / mekanisme pengembangan kurikulum PAI yang digunakan di SMK Penerbangan Raden Intan, mengetahui jenis atau pola organisasi kurikulum yang digunakan dan pelaksanaan serta evaluasi dalam penegembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi sekolah yaitu peserta didik tidak hanya dituntuk untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga sekolah selalu berusaha untuk membentuk peserta didik menjadi insan yang bertaqwa. Penelitian ini digunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan dan merangkum data yang diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut disajikan dan diberi kesimpulan. Hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan manejemen pengembangan kurikulum PAI di SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip dan pola pikir manajemen atau berdasarkan proses manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen dalam pengembangan kurikulum mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan evaluasi atau pengawasan (controlling) dan terealisasinya misi sekolah yang mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi serta agama. Kata kunci: manajemen, pengembangan kurikulum, dan manajemen pengembangan kurikulum PAABSTRACT Curriculum development management was a curriculum planning process to produce a broad and specific curriculum. This causes the existence of curriculum to be very vital compared to other educational components. The curriculum was the energy to succeed every component of education, not all educational institutions can plan, organize, manage and control this curriculum properly, so strategies are needed to achieve effective and efficient education. The strategy was the utilization of resources in the education system. Management curriculum development of Islamic education at SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung to know the process curriculum development of Islamic education that was be done at SMK Penerbangan Raden Intan, to know the kind of curriculum organization and actuating on process curriculum development based on vision and mission that were the student not only mastered science but also be a pious human This study used qualitative methods that was conducted with the aim of producing descriptive data consisting of written or oral words from people. Data collection methods used observation, interviews, and documentation. Data analysis started from gathering and summarizing the data that obtained from the field (school) then the data was presented and concluded. The results of data analysis, it can be concluded that in the implementation of curriculum development management of Islamic education at SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung had been going well and in accordance with the principles and patterns of management thinking or management processes that were in accordance with management functions in planning development, organizing, implementing, and evaluating or supervising and the realization of school missions that prioritize science and technology with religion. Keywords: management, curriculum development, and curriculum development management of Islamic education

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:40
Last Modified: 24 Mar 2021 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item