MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARA MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARA MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DI MASA PANDEMI DI MASA PANDEMI COVID 19-NEW NORMAL

NIKEN, SRIHARTATI (2021) MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARA MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARA MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DI MASA PANDEMI DI MASA PANDEMI COVID 19-NEW NORMAL. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS NKEN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DI MASA PANDEMI COVID 19-NEW NORMAL Oleh NIKEN SRIHARTATI Seiring dengan semakin merebaknya pandemi covid 19 akibatnya membawa dampak pada pendidikan terutama pada karakter dan sistem pembelajaran peserta didik. Maka setiap lembaga pendidikan membutuhkan manajemen program penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang manajemen program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemic covid 19 new normal yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data reduction, data display, dan conclusion/verification). Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa pertama, perencanaan penguatan pendidikan karakter peserta didik telah dilaksanakan dengan baik melalui penyusunan tujuan, strategi dan pemetaan kebijakan serta pemetaan prosedur dan penyempurnaan program menggunanakan rancangan RPP; kedua, pelaksanaan pendidikan karakter berjalan dengan baik dilakukan melalui kegiatan mengajarkan, keteladanan, menentukan suatu prioritas, refleksi, pembiasaan, pembinaan disiplin peserta didik melalui kegiatan-kegiatan bersifat religius, penanaman nasionalisme, peduli sosial dan kepedulian terhadap lingkungan; ketiga, bentuk evaluasi pendidikan karakter melalui pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan di masa covid 19 yang dilakukan di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung yaitu memiliki tujuh tahapan. Evaluasi dilakukan melalui kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan melaksanakan penilaian, analisis terhadap kuantitas kehadiran, ketepatan menyerahkan tugas, menurunnya perilaku kekerasan selama pandemic covid 19 new normal, kerjasama, prestasi akademis, sikap menghargai, dan kejujuran serta selama pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan dilakukan suatu evaluasi supaya tercapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien meskipun dimasa pandemi covid 19 new normal. Secara spesifik mulai dari perencanan, pelaksanaan sampai tahap evaluasi tidak terlepas dari kerjasama guru dan orang tua untuk pendidikan karakternya selama pandemi covid 19 ini. Kata kunci: Manajemen, New Normal, Program Penguatan Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, Pembelajaran Dalam Jaringan dan Luar Jaringan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:43
Last Modified: 23 Mar 2021 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item View Item