DAMPAK PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM PERTANIAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT PETANI DI DESA MARGO MULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Mira, Rusmalinta (2021) DAMPAK PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM PERTANIAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT PETANI DI DESA MARGO MULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIRA RUSMALINTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Mira Rusmalinta NPM : 1531090112 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kehidupan sosial keagamaan masyarakat petani sebelum adanya teknologi tepat guna, dan untuk mengetahui dampak penerapan teknologi tepat guna dalam pertanian terhadap perubahan sosial keagamaan masyarakat petani di Desa Margo Mulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten lampung Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat desa Margo Mulyo baik petani maupun yang lainnya. Cara pengambilan sampel dengan cara purposive sampling yaitu memilih dan menentukan informan secara sengaja. Informan yang di tetapkan yaitu: Aparat desa (Kepala Desa, Sekretaris Desa), Tokoh Masyarakat, ketua kelompok tani, serta masyarakat petani di Desa Margo Mulyo. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif dapat di gunakan untuk penelitian mengenai kehidupan masyarakat, sejarah, fungsionalisme, tigkah laku, aktivitas sosial dan lain-lain. Hasil dari penelitian ini bahwa sebelum masuknya teknologi tepat guna kehidupan sosial petani terjalin dengan baik dari segi interaksi karena seringnya bertemu di ladang namun untuk kegiatan sosial lainnya masyarakat tidak bisa ikut serta karena tidak adanya waktu, namun kehidupan kegamaannya masih sangat kurang dikarenakan waktu mereka mulai dari pagi hingga sore hari di habiskan di ladang. Setelah masuknya teknologi tepat guna dalam pertanian memberi dampak positif terhadap perubahan sosial masyarakat petani seperti kegiatan gotong royong, ronda malam, takziah hadirnya teknologi ini bisa membuat masyarakat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Kemudian untuk kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, dan pengajian menjadi lebih baik dari sebelumnya dikarenakan dengan hadirnya mesin teknologi tepat guna dalam pertanian ini pekerjaan mereka menjadi lebih cepat selesai sehingga bisa menyempatkan waktu untuk beribadah (shalat) dan kegiatan kegamaan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:30
Last Modified: 23 Mar 2021 05:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13495

Actions (login required)

View Item View Item