EVALUASI PROGRAM LITERASI BACA-TULIS DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG

RITA, SARI (2021) EVALUASI PROGRAM LITERASI BACA-TULIS DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS LENGKAP RITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

EVALUASI PROGRAM LITERASI BACA-TULIS DI SEKOLAH ALAM LAMPUNG ABSTRAK Pemerintah meluncurkan program literasi sekolah pada jenjang pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan minat baca tulis peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimana program literasi baca tulis ini berjalan. Penelitian ini difokuskan pada sekolah alam yang berada di Lampung, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian evaluasi dengan melakuksan observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen pelaksanaan program. Sumber informasi didapat melalui wawancara kepada direktur utama, direktur kurikulum, diirektur litbang. kepala sekolah, tenaga pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian pada komponen konteks menunjukan bahwa CIPP dari Sekolah Alam Lampung telah berhasil dilaksanakan. Program literasi baca-tulis dilaksanakan dengan tahapan 1)Pembiasaan. 2)Pembelajaran. 3) Pengembangan. Ketiga tahapan tersebut sesuai dengan panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) . Analogi Kurikulum Sekolah Alam yakni Akhlak ; Kepemimpinan ; Logika berpikir ; Kewirausahaan. Program Literasi Baca Tulis di Sekolah Alam Lampung perlu adanya peningkatan baik dari koleksi buku non fiksi, konsistensi ketertarikan membaca dan menulis bagi siswa dan guru, dan kualifikasi yang sesuai bagi petugas perpustakaan. Kata Kunci : Sekolah Alam, CIPP, Literasi, Evaluasi Program School literacy program has been launched by the Government. The goal of the program is to increase reading interest for the student. The research has been done to know how the program run. This research focused on The Nature Lampung School (Sekolah Alam Lampung) which using CIPP evaluation model. The research using qualitative method by design research evaluation by doing observation, interview, and document checking program implementation. The resource of information obtained through interview to the director, curriculum director, R &D director, head masters, teachers and students. The result of context component shows that CIPP on Sekolah Alam Lampung had been done. The read-write literacy program implemented through some stages. Stage 1) habituation, 2)learning, 3).development. The three of the stages is based on the guide of movement literacy at school (GLS). Sekolah Alam Lampung Analogy curriculum are moral, leadership, logic of thinking, entrepreneurship. Read-write literacy program in Sekolah Alam lampung need to be improved on the non- fiction book collection, reading interest consistency and writing activity to student and teacher both, and an appropriate qualification for the librarian. Keyword : The Nature Lampung School, CIPP, Literacy, Evalution Program

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:46
Last Modified: 22 Mar 2021 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13485

Actions (login required)

View Item View Item