MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI SD ALAM AL-KARIM LAMPUNG

TILA, PAULINA (2021) MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI SD ALAM AL-KARIM LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover s.d bab 2.pdf] PDF
Download (779kB)
[thumbnail of cover s.d bab 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to analyze, describe, and develop; a) Extra-curricular program planning (experience science, Al-Qur'an memorize, animation, and archery) in SD Alam Al-Karim Lampung, b) implementatiton (experience science, Al-Qur'an memorize, animation, and archery) in SD Alam Al-Karim Lampung , c) supervision and evaluation of extracurricular program (experience science, Al-Qur'an memorize, animation, and) in SD Alam Al-Karim Lampung. This research was conducted in SD Alam Al-Karim Lampung. The research method used in this research is descriptive research method with calitative approach, data collection technique using interview method, observation and documentation. While data analysis using interactive model analysis consisting of data collection, data reduction, data presentation, conclusion. While to check the validity of data using observation and triangulation techniques. The results of this study indicate that a) planning is quite effective with the existence of clear objectives and targets, b) implementation has been running quite effectively where the recruitment of members done at the beginning of the semester through the extracurricular demo conducted by each extracurricular uni with the most interesting Then in terms of implementation wktu already done according to the rule that is when outside the learning hours, c) monitoring and evaluation has been running quite effectively because it already involves the related parties ie such as the head of madrasah, deputy head of madrasah, coordinator and coach.ABSTRAK bertujuan Penelitian ini untuk menganalisis, mendeskripsikan, dan mengembangkan; a) perencanaan program ekstrakurikuler (eksperimen sains, penghafal qur’an, animasi dan memanah) di SD Alam Al-Karim Lampung) , b) pelaksanaan program ekstrakurikuler (eksperimen sains, penghafal qur’an, animasi dan memanah) di SD Alam Al-Karim Lampung, c) pengawasan dan evaluasi program ekstrakurikuler (eksperimen sains, penghafal qur’an, animasi dan memanah) di SD Alam Al-Karim Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di SD Alam Al-Karim Lampung.. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis interactive model yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data mengunakan teknik observasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, a) perencanaan berjalan cukup efektif yaitu dengan adanya tujuan dan sasaran yang jelas, b) pelaksanaan sudah berjalan cukup efektif dimana perekrutan angota dilakukan di awal semester melalui demi ekskul yang dilakukan oleh masing-masing uni ekstrakurikuler dengan semenarik mungkin Kemudian dari segi wktu pelaksanaan sudah dilakukan sesuai aturan yaitu saat diluar jam pembelajaran, c) pengawasan dan evaluasi sudah berjalan cukup efektif karena sudah melibatkan pihak-pihak terkait yaitu seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, coordinator dan Pembina.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2021 05:23
Last Modified: 22 Mar 2021 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item