AHMAD, MAULANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ANDROID. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran, mendeskripsikan respons pengguna media android, serta mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran berbasis android terhadap mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE, penelitian ini mengambil subyek pendidik, dan peserta didik kelas X di SMK Darussalam Sumberejo Tanggamus Lampung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan sampling sistematis.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Produk dari hasil pengembangan ini telah membuktikan bahwa hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa indonesia bahwa media ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SLTA/SMK, hal ini dapat dilihat dari hasil validasi dua ahli media bahwa diperoleh nilai persentase sebesar 88,5% dari ahli media pertama dan 77,1% dari ahli media kedua, sedangkan hasil validasi oleh dua ahli materi memperoleh nilai sebesar 75% ahli materi pertama dan 83,3% ahli materi kedua, sedangkan hasil validasi dari ahli bahasa memperoleh nilai persentase sebesar 81,82% berdasarkan validasi judgemet ahli dapat disimpulkan bahwa media islamuna yang dikemmbangkan oleh peneliti layak digunakan dalam proses pembelajaran. Respon setelah menggunakan aplikasi ini baik dan mendapatkan respons yang positif pada saat pembelajaran daring berlangsung berdasar hasil uji coba skala kecil dilakukan kepada 10 orang peserta didik sebesar 83,27% dan reliabel sehingga tidak perlu revisi sehingga dilanjutkan ke ujicoba skala besar, sedangkan uji coba skala besar dilakukan dengan 38 peserta didik diperoleh presentase 87,60 % dan reliabel artinya produk ini mendapatkan respons positif setelah digunakan dalam pembelajaran oleh peserta didik dan bisa digunakan secara umum dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus T-test menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang diberi nama Islamuna ini efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada nilai pretest dan posttest dengan rata-rata sebesar 68,55 dan 80,26. Kata Kunci: android, hasil belajar, pengembangan media PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 04:41 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 05:08 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13474 |
Actions (login required)
View Item |