PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN VIRUS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 6 BANDAR LAMPUNG

SULTON, ROUF (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN VIRUS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Download (29MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN VIRUS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG Oleh: SULTON ROUF Berdasarkan masalah yang terjadi di lapangan, pada proses pembelajaran di SMA Negeri 6 Bandar Lampung belum pernah melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pembelajaran yang digunakan hanya meningkatkan kognitifnya saja. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning disertai jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi virus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen ( X MIPA 5 ) dan kelas control ( X MIPA 3). Berdasarkan hasil penelitian diketahui Uji t independent kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa sig. (2-Taled) sebesar 0,00 < 0,05 berarti HO ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari analisis ketercapaian indikator kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata yang lebih tinggi, yaitu 68,80% dari pada hasil rata-rata ketercapaian indicator kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol, yaitu 57,50%. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning disertai jurnal belajar dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada mata pelajaran virus di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Jurnal Belajar, Problem Based Learning, Virus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Mar 2021 04:08
Last Modified: 19 Mar 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item