PENGENALAN NILAI-NILAI ISLAM PADA MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI KELAS IV MI DARUSSALAM LAMPUNG SELATAN

NOVITA, DEWI (2021) PENGENALAN NILAI-NILAI ISLAM PADA MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI KELAS IV MI DARUSSALAM LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula dari kurangnya media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga perlu dikembangkan produk berupa modul sebagai media pembelajaran. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1)Bagaimana langkah-langkah pengenalan nilai-nilai islam pada modul pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri pada kelas IV MI Darussalam Lampung Selatan, (2) Bagaimana tingkat kelayakan penggunaan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri pada kelas IV MI Darussalam Lampung Selatan, (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap pengenalan nilai-nilai islam pada modul pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri pada kelas IV MI Darussalam Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar serta memahami arti penting dari sumber daya alam dilingkungan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, deveopment, implementation, evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 1 guru mata pelajaran, dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menujukan bahwa bahan ajar modul IPA dengan melakukan uji coba di MI Darussalam Lampung Selatan dan MIN 9 Bandar Lampung mendapatkan presentase 68% dan 89%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk yang digunakan oleh responden sangat menarik sehingga bisa digunakan untuk salah satu referensi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik serta dapat menjadikan sebuah buku pegangan guru disekolah. Kata Kunci: Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:53
Last Modified: 18 Mar 2021 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item