JUAL BELI AIR DENGAN STANDAR WAKTU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kelurahan Bukit Kemuning, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara)

DEVA, DWI PEBIANTI (2021) JUAL BELI AIR DENGAN STANDAR WAKTU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kelurahan Bukit Kemuning, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DEVA DWI PEBIANTI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia sebagai makhluk hidup, dalam hidupnya pasti membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan manusia itu sendiri beragam. Salah satu kegiatan perekonomian yang diawali dengan akad adalah Jual Beli. Jual beli yaitu persetujuan saling mengikat antara penjual, yakni pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual. Jual beli air dengan standar waktu merupakan jual beli yang dilakukan di Kelurahan Bukit Kemuning oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saat musim kemarau. Karena jika musim kemarau tiba, masyarakat sekitar akan kekurangan air dan akan membeli air dengan standar waktu tersebut. Permasalahan yang menjadi kajian peneliti adalah bagaimana praktik jual beli air dengan menggunakan standar waktu di Kelurahan Bukit Kemuning? dan bagaimana perspektif hukum Islam tentang jual beli air bersih dengan menggunakan standar waktu di Kelurahan Bukit Kemuning? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli air bersih degan menggunakan standar waktu di Kelurahan Bukit Kemuning dan untuk mengetahui perspektif hukum Islam tentang jual beli air bersih dengan menggunakan standar waktu di Kelurahan Bukit Kemuning. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripstif, yang bertujuan untuk mendeskriptifkan apa-apa yang saat ini berlaku, yakni upaya-upaya mendeskriptifkan, mencatat, analisa san menginterpretasikan mengenai jual beli air dengan standar waktu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumetasi di lokasi penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik editing dan sistematisasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan jual beli air dengan standar waktu di Kelurahan Bukit Kemuning sudah berjalan cukup baik. Karena penjual menyediakan sumber air untuk dilakukan proses jual beli. Jika sudah terjadi sepakat antara kedua belah pihak, maka proses jual beli tersebut dapat langsung dilaksanakan. Dalam pandangan hukum Islam, pelaksanaan jual beli air dengan standar waktu di Kelurahan Bukit Kemuning, transaksi ini tidak sah (batal) dan tidak diperbolehkan dalam hukum Islam. Meskipun dalam kenyataannya masyarakat tidak merasa keberatan, namun transaksi jual beli tersebut tidak sah dan hukumnya haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:46
Last Modified: 17 Mar 2021 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13430

Actions (login required)

View Item View Item