IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH NOMOR 08 TAHUN 2017 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (Studi Pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lampung Tengah)

INTAN, PALUPI (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH NOMOR 08 TAHUN 2017 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (Studi Pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN PALUPI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Minuman beralkohol merupakan minuman yang berbahaya dan dapat menurunkan derajat kesehatan seseorang, selain itu pula dapat merusak moral masyarakat di suatu daerah bahkan masyarakat di suatu negara. Pengaturn mengenai pengendalian dan pengawasan terhadap minuman beralkohol tidak luput dari system peraturan perundang-undangan disetiap lapisan, baik di peraturan tingkat nasional (Undang-Undang) ataupun tingkat daerah (Peraturan Daerah). Pengendalian dan Pengawasan mengenai Minuman beralkohol merupakan permasalahan penting di daerah ortonom karena meyangkut kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah Khususnya, menetapkan Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2017 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol, guna menekan dan meminimalisir keberadaan minuman beralkohol agar kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten lampung Tengah terjamin. Faktanya meski Pemerintah Kabupaten lampung Tengah telah mengeluarkan Peraturan atas pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol hal ini belum dapat dikatakan berhasil karena masih terdapat banyak kendala dengan tingginya angka pengguna dan bebasnya penjualan minuman beralkohol, sehingga fokus penelitian ini adalah Implementasi Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2017 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol. Rumusan Masalah dalam penelitian ini antara lain; Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 08 Tahun 2017 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol dan Pandangan siyasah tentang Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 08 Tahun 2017 di Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secra langsung di dalam lingkungan masyarakat, penelitian ini menggunakan metode interview sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Adapun tujuan bahwa penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah telah berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja khususnya dalam mengendalikan dan mengawasi peredaran dan penjualan minuman beralkohol. Serta berdasarkan pola pandang siyasah dusturiyah tidak memberikan toleransi pada penjualan minuman beralkohol yang dimana dalam hukum islam tidak mengkategorikan besar kecilnya kadar alkohol yang di larang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2021 17:11
Last Modified: 16 Mar 2021 17:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item