PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KELAS IV SD/MI

RITA, UTAMI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI - RITA UTAMI- full 3.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KELAS IV SD/MI Oleh Rita Utami Buku pegangan guru sebagai salah satu bahan ajar yang berguna untuk membantu pendidik dalam persiapan proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini yaitu dimulai dari khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang disajikan belum mencakup beberapa keterampilan berbahasa secara keseluruhan dan belum adanya bahan ajar lain kecuali buku paket atau BUPENA serta belum adanya buku guru Bahasa Indonesia yang menggunakan pendekatan whole language. Penelitian ini, mengembangkan bahan ajar berupa modul guru berbasis pendekatan whole language yang diyakini mampu menjadi salah satu bahan ajar bagi pendidik. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahapan model Borg and Gall yang kemudian dibatasi menjadi tujuh langkah dari sepuluh langkah, yang mencakup potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Kemudian, penelitian ini menggunakan instrument berupa skala penilaian guna mengetahui kelayakan modul, serta untuk mengetahui pendapat penilaian dari pendidik dengan menggunakan skala likert kemudian disusun dalam bentuk checklist. Analisis data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data berupa kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru kelas dan guru Bahasa Indonesia kelas IV SD/MI. Hasil yang diperoleh dari penelitian Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Whole Language menunjukkan bahwa produk Modul baik untuk digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini didasarkan melalui skor penilaian yang diperoleh dari ahli materi mencapai persentase 87,5% dengan kriteria sangat baik, skor yang diperoleh dari ahli media mencapai persentase 83,22% dengan kriteria sangat baik, skor yang diperoleh dari ahli bahasa mencapai persentase 89% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya pada uji coba skala kecil memperoleh penilaian persentase 82,5% dengan kriteria sangat setuju. Uji coba skala besar memperoleh penilaian persentase 88,8% dengan kriteria sangat setuju. Sehingga dari hasil validasi ahli dan uji coba produk, penulis menyimpulkan bahwa modul Bahasa Indonesia berbasis pendekatan whole language sangat baik dan disetujui untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2021 16:56
Last Modified: 16 Mar 2021 16:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item View Item