IMPLEMENTASI UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG HAK POLITIK PENYANDANG DISABILITAS DALAM PERSPEKTIP FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di KPU Kota Bandar Lampung)

Renaldy, Eka Putra (2021) IMPLEMENTASI UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG HAK POLITIK PENYANDANG DISABILITAS DALAM PERSPEKTIP FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di KPU Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENALDY EKA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hak asasi bagi penyandang disabilitas masih kerap diabaikan, bahkan masih belum terpenuhi secara merata karena Penyandang Disabilitas mengalami hambatan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam waktu lama yang dapat menghalangi partisipasi mereka secara penuh dan efektif dalam masyarakat bertolak belakang dari tujuan bernegara dan beragama bahwa di Pasal 27 ayat 1 undang undang 1945 menyebutkan bahwa setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, berkaitan dengan hak politik penyandang disabilitas di atur dalam undang-undang nomor 8 tahun 2016. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Hak Politik Penyandang Disabilitas di Indonesia dalam pileg dan pilpres di Kota Bandar Lampung dan Bagaimana Implementasi Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 dalam pandangan Fiqh Siyasah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan pemenuhan hak Penyandang Disabilitas di kota bandar lampung dan Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan Implementasi Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 dalam pandangan Fiqh Siyasah. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan induktif. sumber data yang digunakan adalah Data Primer yang diperoleh langsung dari informan dengan memakai teknik pengumpulan data berupa interview (wawancara). sedangkan Data Sekunder diperoleh dari dokumen- dokumen, catatan�catatan, arsip-arsip, materi-materi, serta literature lainnya yang relevan dalam melengkapi data primer penelitian. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode Wawancara, Dokumentasi dan Penelusuran data online. Data yang berhasil dikumpul diolah secara sistematis, maka selanjutnya diadakan teknik menganalisa data yang dilakukan dengan cara analisa kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hak politik penyandang disabilitas sudah terakomodir dengan baik oleh penyelenggara pemiliu (KPU) kota Bandar Lampung sesuai yang sudah di atur oleh konstitusi Negara Republic Indonesia dan dalam pendangan hukum islam Siyasah Tanfidziyah dalam lingkup Siyasah Dusturiyyah Syar‟iyyah (kebijaksanaan tentang peraturan perundangan-undangan) bahwa KPU kota Bandar Lampung sudah semaksimal mungkin dengan upaya nya untuk tidak membeda-bedakan antara sesama masyarakat latar belakang sosial, pendidikan, ataupun fisik seseorang, yang membedakan di antara manusia adalah aspek ketakwaan dan keimanannya, dan Negara harus bertanggung jawab terhadap keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk hak politik penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:02
Last Modified: 09 Mar 2021 05:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13406

Actions (login required)

View Item View Item