PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DAN SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN LAMPUNG BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

WIDIA, WATI (2021) PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DAN SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN LAMPUNG BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Widia Wati Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Cover_BabI_II_Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan faktor yang sangat penting dalam menciptakan kemandirian daerah, dimana PAD akan menjadi sumber dana dari daerah itu sendiri. Salah satu sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan atau dijadikan andalan bagi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu dari sektor pariwisata, karena sektor pariwisata memiliki kontribusi dalam penerimaan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Salah satu penerimaan sektor pariwisata yaitu berasal dari jumlah kunjungan wisatawan. Inilah yang nantinya menjadi salah satu penambahan Pendapatan ASli Daerah (PAD). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembangunan infrastruktur jalan dan sektor pariwisata berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan asli daerah Kabupaten Lampung Barat secara simultan dan persial. Serta bagaimanakah pembangunan infrastruktur jalan dan sektor pariwisata Kabupaten Lampung Barat dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembangunan infrastruktur jalan dan sektor pariwisata terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lampung Barat. Dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh pembangunan infrastruktur jalan dan sektor pariwisata dalam perspektif ekonomi Islam. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kepustakaan dan penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dimana data-data tersebut kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa hasil pengujian secara persial menyatakan bahwa Panjang Jalan dan Jumlah Kunjungan Wisatawan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2014-2017. Berdasarkan hasi uji simultan Panjang Jalan dan Jumlah Kunjungan Wisatawan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2014-2017. Dalam Islam sumber keuangan pada zaman Rasulullah SAW menurut pemikiran ekonomi Islam diawali sejak Nabi Muhammad SAW diutus sebagai utusan Allah. Rasulullah SAW mengeluarkan sejumlah kebijakan yang menyangkut berbagai hal yang berkaitan dengan masalah kemasyarakatan, selain itu masalah hukum, politik, dan juga masalah perniagaan dan ekonomi. Dasar hukum dalam kebijakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sudah diatur baik dalam hukum Islam maupun perundang-undangan yang ada di Indonesia. Kata Kunci : Infrastruktur Jalan, Sektor Pariwisata, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:29
Last Modified: 09 Mar 2021 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13404

Actions (login required)

View Item View Item