PEMAKAIAN SISTEM PAYLATER DALAM PEMBAYARAN JUAL BELI ONLINE MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek))

EVA, SAPUTRI (2021) PEMAKAIAN SISTEM PAYLATER DALAM PEMBAYARAN JUAL BELI ONLINE MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek)). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era modern ini perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembelian, pembayaran, dan pinjamanan secara online seperti di Gojek. Gojek memiliki metode pembayaran yaitu paylater. Paylater adalah metode pembayaran dimana perusahaan aplikasi menalangi dahulu pembayaran atau memberikan pinjaman secara elektronik. Dalam praktiknya, perusahaan Gojek akan menalangi dahulu pembayaran terhadap transaksi yang di lakukan oleh pengguna atau memberikan pinjaman kepada pengguna, Gojek memberikan batas limit pinjaman Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) serta biaya admnistrasi atau biaya berlangganan Rp. 25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah) perbulan dan pengguan dapat membayar tagihan tersebut setiap akhir bulan menggunakan Gopay. Jika pengguna tidak dapat membayar setelah jatuh tempo maka akan dikenakan biaya denda Rp. 2.000,00 (dua ribu rupiah) perharinya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana sistem paylater dalam pembayaran jual beli online pada di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek)?, dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap Pemakaian sistem paylater dalam pembayaran jual beli online pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem paylater dalam pembayaran jual beli online pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), dan untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pemakaian sistem paylater dalam pembayaran jual beli online pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). Penelitian ini termasuk penelitian (field research) atau penelitian lapangan yaitu penelitian yang di lakukan langsung di lapangan, dengan data primer yang di peroleh dari hasil wawancara terhadap karyawan Gojek dan pengguna Gojek, data sekunder yang di peroleh dari data pustaka. Dalam sistem pembayaran paylater di Gojek, terdapat biaya tambahan dari pinjaman pokok tersebut yang cukup memberatkan pengguna yaitu adanya biaya administrasi atau biaya berlangganan sebesar Rp. 25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah) perbulan, dan biaya denda keterlambatan RP. 2000,00 (dua ribu rupiah) perhari setelah jatuh tempo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemakaian sistem paylater dalam pembayaran jual beli online di Gojek pemakaian sistem paylater dalam pembayaran jual beli online di Gojek, tidak sesuai dengan Syariat Islam karena adanya penambahan nilai pokok pada jumlah pinjaman yang termasuk dalam kategori riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:47
Last Modified: 08 Mar 2021 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13401

Actions (login required)

View Item View Item