Komarudin, Komarudin (2017) Peran lingkungan sekolah dan disiplin belajar dalam meminimalisir kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Linga Kab. Lampung Tengah TAHUN 2015/2016. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (612kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (322kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (293kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (233kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (394kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (136kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (258kB) | Preview |
Abstract
Keberadaan lingkungan pendidikan sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, optimal, aktif dan menyenangkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan karena banyaknya perilaku siswa yang mengindikasikan kenakalan, baik yang secara langsung tampak dilingkungan sekolah maupun tidak langsung, menguak kejadian sehari-hari perilaku siswa memang seperti mengambil air dilautan yang tak pernah ada habisnya. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:1. Bagaimanakah peranan lingkungan sekolah dalam meminimalisir kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah?. 2. Bagaimanakah peranan disiplin belajar dalam meminimalisir kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Lingga, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : a. Untuk mengetahui peranan lingkungan sekolah dalam meminimalisir kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Lingga. b. Untuk mengetahui peranan disiplin belajar dalam meminimalisir kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Lingga. Dalam penelitian ini penulis memilih menggunakan metode kualitatif, yakni tidak menggunakan angka-angka dalam menganalisisnya. Oleh karena itu masalah dalam penelitian kualitatif masih bersifat sementara, tentatif dan akan berkembang atau berganti setelah penelitian berada di lapangan. Kenakalan siswa yang penulis temukan di SMP PGRI 2 Selagai Lingga adalah jenis kenakalan ringan yaitu berupa pelanggaran-pelanggaran terhadap tata tertib sekolah yang dari awal didominasi dengan alpa, membolos dan terlambat sekolah. Penulis tidak menemukan kenakalan berat yang berupa pelanggaran hukum yang bermuara kepada pidana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yaitu : penelitian yang menggambarkan data sesuai apa adanya di lapangan. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan jalan mendiskripsikan variabel berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Sehingga penelitian ini berusaha menggambarkan fakta sosial atau memberikan gambaran yang jelas tentang peranan disiplin belajar dan lingkungan sekolah dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah, sehingga hasil penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan secara objektif keadaan yang terjadi tanpa bermaksud memberikan penilaian. Kesimpulannya : lingkungan sekolah SMP PGRI 2 Selagai Lingga yang semakin bagus, semakin kondusif berperan besar dalam menciptakan disiplin sekolah dan disiplin belajar. Lingkungan sekolah yang bagus dan disiplin belajar berperan besar dalam mengatasi kenakalan-kenakalan siswa di SMP PGRI 2 Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 08:40 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:40 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |