PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA MATHLA’UL ANWAR 1 BANDAR LAMPUNG

NDINI, PANGESTU (2021) PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA MATHLA’UL ANWAR 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE COURSE REVEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA MATHLA’UL ANWAR 1 BANDAR LAMPUNG Oleh: Andini Pangestu Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Metode Course Review Horay Terhadap Hasil Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Mathla’ul Anwar 1 Bandar Lampung” permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu rendahnya tingkat partisipasi dan hasil belaja peserta didik, dikarenakan pada proses pembelajaran sebelumnya guru menggunakan metode ceramah dimana peserta didik hanya mengikuti segala apa yang disampaikan oleh guru. Maka peneliti menggunakan metode Course Review Horay karena dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh Metode Course Review Horay dalam meningkatkan hasl belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasl belajar adalah dengan menggunakan metode Course Review Horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest and Posstest Grup Experiment. Peneliti ini dilaksanakan di MA Mathla’ul Anwar 1 Bandar Lampung. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X yang diterapkan metode Course Review Horay. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi, setelah data test dikumpulkan kemudian akan di analisis menggunakan analisis statistic dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-T. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal plihan ganda berjumlah 40 soal dengan materi Sejarah Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasyidin. Berdasarkan hasil analisis dan pengelolahan data menggunakan uji hipotesis (uji-T) di peroleh 1,440 dan 2,042. Dengan demikian kriteria pengujian ˃ , maka diteima yang artinya menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Course Review Horay terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MA Mathla’ul Anwar 1 Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Course Review Horay, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:44
Last Modified: 04 Mar 2021 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item