TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI AYAM TANDOAN (Study pada Rumah Ayam Potong Jl. Raden Gunawan Hajimena Lampung Selatan)

Fitri, Adelia (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI AYAM TANDOAN (Study pada Rumah Ayam Potong Jl. Raden Gunawan Hajimena Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi FUll.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli ayam tandoan merupakan jual beli yang dimana bobot berat ayam yang sudah tidak sesuai seperti diawal, kata tandoan yang memiliki arti cadangan atau persedian untuk satu hari atau dua hari kedepan yang dimana kondisi timbangan ayam yang akan dijual sudah berkurang dengan ukuran berat di awal, berkurangnya berat timbangan ayam dikarnakan penjual tidak memberikan asupan makan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli ayam tandoan pada rumah ayam potong di Jl. Raden Gunawan Hajimen Lampung Selatan? Serta bagaiman Tinjuan Hukum Islam tentang praktik jual beli ayam tandoan dapa rumah ayam potong di Jln Raden Gunawan Hajimen Lampung Selatan ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, sejelas mungkin apakah konsumen dirugikan dalam praktik jual beli ayam tandoan yang terjadi di Jl. Raden Gunawan Hajimena Lampung Selatan serta menjelaskan tinjuan hukum tentang jual beli ayam tandoan Jl. Raden Gunawan Hajimena Lampung Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dan metode yang digunakan berupa metode observasi, interview, dokumentasi dan analisis data. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa transaksi jual beli ayam tandoan di Jl. Raden Gunawan Hajimen Lampung Selatan dapat merugikan konsumen atau pembeli dikarnakan pada saat terjadinya transaksi tidak sesuai dengan rukun dan syarat jual beli karna tidak ada kejelasan tentang kondisi ayam yang dimana bobot berat ayam yang awalnya sekitaran 1,4-1,5 kg akan berkurang sekitar 2-3 ons per ayam yang mengakibatkan konsumen mengalami kerugian. Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Ayam tandoan di Jl Raden Gunawan Hajimena Lampung Selatan adalah tidak diperbolehkan atau batal, karna penjual ayam tandoan tidak dapat memenuhi syarat sahnya objek jual beli adalah kejelasan tentang kondisi objek dan tidak merugikan. Salah satu syarat objek jual belli adalah barang yang harus di perjual belikan harus jelas sesuai dengan kondisi objek yang akan di perjual belikan, sedangkan jual beli ayam tandoan di Jl Raden Gunawan Hajimena meskipun ayam yang akan di perjual belikan dalam kondisi sehat seperti pada umumnya akan tetapi dalam segi ukuran ayam yang akan diperjual belikan sudah tidak sesuai seperti di awal dan penjual tidak menjelaskan secara rincih tentang kondisi ayam tersebut yang megakibatkan adanya ketidak jelasan dalam bertransaksi sehingga termaksud dalam jual beli gharar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:04
Last Modified: 04 Mar 2021 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item