PRAKTIK UMRAH DAHULU BAYAR BELAKANGAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi PT. Amanah Safari Internasional Tour Enggal Bandar Lampung)

SULISTIANDARI, SULISTIANDARI (2021) PRAKTIK UMRAH DAHULU BAYAR BELAKANGAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi PT. Amanah Safari Internasional Tour Enggal Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik umrah dahulu bayar belakangan di PT. Amanah Safari Internasional Tour,perusahaan merekrut calon jamaah yang hendak pergi beribadah umrah ketanah suci, calon jamaah memilih suatu produk umrah yang telah disediakan oleh perusahaan. Produk AMITRA yakkni program umrahdahulubayarbelakangan yang dilakukan dengan melalui pendaftaran terlebihdulu lalu kemudian dengan membayar DP (uangmuka) dan diwajibkan membayar uang asuransi, dan menyetorkan beberapa syarat-syarat yang telah ditentukan perusahaan. Setelah selesai pulang dari tanah suci calon jamaah mempunyai hutang kepada perusahaan dan wajib mengembalikan hutang tersebut, untuk membayarnya dilakukan secara cicilan . Praktik pelaksanaa umrah dahulu bayar belakangan di PT. Amanah Safari Internasional Tour dalam sistem mendapatkan keuntungannya (ujrah) dari melihat jangka waktu masapelunasan hutang jamaah, dalamcicilan tersebut semakin lama waktu untuk melunasi hutang maka semakin besar pula jumlah nilai nominal hutang yang harus dibayarkan dari nominal yang seharusnya. Dan semakinbesar pula ujrah (keuntungan) yang didapatkan pihak perusahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik umrah dahulu bayar belakangan di PT. Amanah Safari Internasional Tour? Bagai mana tinjauan hukum Islam terhadap praktik umrah dahulu bayar belakangan di PT. Amanah Safari Internasonal Tour? Dan bagaimana pendapat Fatwa DSN-MUI terhadap praktik umrah dahulu bayar Belakanganpada PT. Amanah Safari Internasional Tour, Enggal Bandar Lampung ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas praktik pembayaran danatalangan umrah dahulu bayar belakangan dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan umrah dahulu bayar belakangan di PT. Amanah Safari Internasional Tour Enggal Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan langsung di lapangan. Dengan cara mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap karyawan dan staff PT. Amanah Safari Internasional Tour dan data sekunder yang diperolehdari data pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa paktik umrah menggunakan dana talangan memang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat melaksanakan ibadah umrah dengan lebih mudah. Namun dilihat dalam pelaksanaannya praktik tersebut belumlahsesuai denganapa yang telah ditetapkan oleh hukum Islam yakni terdapat penambahan dalam masa cicilan, jamaah yang mengambil pelunasan dalam jangkawaktu yang lama maka (Ujrah) upah yang didapatkan oleh pihak perusahaan semakin besar dari upah yang semestinya. Yang akhirnya tertuju pada perbuatan merugikan pihak jamaah. Dan tidak tepat dengan apa yang telah ditetapkan dalam fatwa nomor 38/DSN-MUI/VI/2012, dimana pihak pendaftar apabila hendak membatalkan pendafarannya maka uangmuka saat pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:20
Last Modified: 03 Mar 2021 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item View Item