PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SISKA, DARTIANA (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri yang rendah merupakan awal dari terhambatnya perkembangan diri peserta didik yang optimal dan prestasi yang diinginkan. Kepercayaan diri rendah terdapat pada peserta didik kelas VII di MTs N 2 Bandar Lampung sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mengatasi kepercayaan diri rendah melalui konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VII di MTs N 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimental design dengan one-group pretest dan posttest, analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank dengan Statistik non parametrik karena data yang diperoleh kurang dari 25 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 7 peserta didik kelas VII yang masih memiliki kepercayaan diri rendah. Sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas adalah 57,00 setelah diberikan layanan konseling kelompok melalui pendekatan realitas terjadi peningkatan skor menjadi 113,00. Dari hasil uji Wilcoxon Signed Rank diperoleh Zhitung -2.366, kemudian dibandingkan dengan nilai Ztabel 0,05 = 49,06, maka Zhitung ≤ Ztabel (-2.366 ≤ 49,06), nilai Asymptotik Sig (2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 018 lebih kecil dari Alpha (≤ 0.05). Dari hasil pengujian hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan konseling realitas berpengaruh terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VII di MTs N 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:10
Last Modified: 03 Mar 2021 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13366

Actions (login required)

View Item View Item