PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE SELF TALK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SAAT PRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI MA AL-KHAIRIYAH NATAR TAHUN AJARAN 2019/2020

LULU, SEPTIANI ANWAR (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE SELF TALK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SAAT PRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI MA AL-KHAIRIYAH NATAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi lengkap lulu septiani anwar.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami permasalahan kecemasan dalam hal ini yaitu kecemasan saat presentasi peserta didik dengan kategori tinggi di kelas XI IPS MA Al-Khairiyah Natar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan konseling kelompok dengan teknik positive self talk berpengaruh dalam mengatasi kecemasan saat presentasi peserta didik. Identifikasi dalam penelitian ini yaitu belum adanya pemberian layanan konseling kelompok untuk mengurangi kecemasan saat presentasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dalam mengurangi kecemasan saat presentasi pada peserta didik. Jenis penelitian adalah kuantitatif Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One-group Pretest-postest!Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 12 orang peserta didik kelas XI IPS MA Al- Khairiyah Natar yang memiliki kecemasan saat presentasi dengan kategori tinggi yang didapat melalui hasil skor angket. Teknik yang digunakan dalam menggumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Marianti Juliani Niga tahun 2019 penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik positive self talk efektif untuk mengentaskan permasalahan kecemasan saat presentasi.Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai Sig ( 2-tailed) < α yaitu 0,002< 0,05 Sehingga H0ditolak dan Haditerima,. Selain itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan harga z hitung = -3.062 kemudian dibandingkan dengan z tabel 0.05 = 1.96 dengan ketentuan harga z hitung lebih besar dari z tabel (- 3.062 ≥ 1.96), maka Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor kecemasan saat presentasi sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Positive Self Talk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Positive Self Talk Berpengaruh Dalam Mengurangi Kecemasan Saat Presentasi Peserta Didik Kelas XI MA Khairiyah Natar Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 17:21
Last Modified: 02 Mar 2021 17:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item