PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LABORATORY PART OF SPECTRUME INQUIRY LEARNING BY WENNING

MAULIDDATUL, ISNAENI MUSYAROFAH (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LABORATORY PART OF SPECTRUME INQUIRY LEARNING BY WENNING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi Mauliddatul Isnaeni M.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Mauliddatul Isnaeni M bab 1,2, dapus.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INQUIRY LABORATORY PART OF SPECTRUM INQUIRY LEARNING BY WENNING Oleh: Mauliddatul Isnaeni Musyrofah Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul pembelajaran berbasis Inquiry Laboratory Part Of Spectrum Inquiry Learning By Wenning pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA, serta mengetahui kualitas produk bahan ajar modul yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D) yang diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiangraja, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn yaitu model pengembangan 4-D. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) tahap pendefinisian (Define), 2) Tahap perencanaan (Design), 3) Tahap Pengembangan (Develop), 4) Tahap penyebaran (Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa seta hasil uji coba tanggapan pendidik dan peserta didik. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 40 peserta didik kelas X di MA Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar modul pembelajaran berbasis Inquiry Laboratory Part Of Spectrum Inquiry Learning By Wenning pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 75% dalam kategori layak, penilaian ahli materi sebesar 80% dalam kategori layak, penilaian ahli bahasa sebesar 75% dalam kategori layak. Uji coba pada peserta didik di MA Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan di peroleh kualitas modul pembelajaran dengan presentase 89,13% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis Inquiry Laboratory Part Of Spectrum Inquiry Learning By Wenning pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA sangat layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik Kata kunci: pengembangan Modul biologi, Inquiry Laboratory Part Of Spectrum Inquiry Learning By Wenning, 4-D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:48
Last Modified: 02 Mar 2021 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item