AWALUS, SYIFA’U RAHMA (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS LEVELS OF INQUIRY LEARNING BY WENNING PADA MATERI SRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SERTA PEMANFAATANNYA DALAM TEKNOLOGI KELAS VIII SMP/MTS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF
Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS LEVELS OF INQUIRY LEARNING BY WENNNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK Awalus Syifa'u Rahma Modul adalah suatu media atau paket belajar mandiri dimana hal ini meliputi serangkaian pengalaman belajar yang telah direncanakan dan juga dirancang dalam bentuk sistematis untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. (Wenning 2010) mengelompokkan inkuiri dalam lima level, antara lain: discover learning, interactive demonstration, inquiry lesson, inquiry lab dan hypothetical inquiry. Kelima level pembelajaran inkuiri tersebut diurutkan dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Model pembelajaran inquiry bertujuan untuk mendorong peserta didik agar dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Penggunaan desain dalam penelitian ini adalah desain pengembangan model 4-D ( Four D Models) dimana didalam model ini terdapa 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan ( design), pengembangan ( develop ), dan diseminasi ( disseminate). Hasil yang diperoleh dari modul yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil validasi ahli materi 84% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa 94% dengan kriteria sangat layak serta ahli media 82% dengan kriteria sangat layak, dengan persentase rata-rata 87% dengan kriteria sangat layak serta penliaian oleh guru dengan persentase sebesar 89% juga dengan kriteria sangat layak. Maka dari iru dapat dipastikan bahwa modul yang telah dikembangkan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. “Respon” peserta didik mengenai modul pembelajaran biologi berbasis levels of inquiry learning by wenning sangat baik, dengan persentase yang diperoleh yakni sebesar 95% dengan demikian modul yang telah dikembangkan oleh peneliti layak digunakan oleh peserta didik dalam proses bembelajaran. Kata kunci : Pengembangan modul biologi, levels of inquiry by wenning, 4D, hasil modul yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 05:44 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 05:44 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13344 |
Actions (login required)
View Item |