STUDI AKTIVITAS SEL IMUNOKOMPETEN PADA PENYAKIT MALARIA DILIHAT DARI ANALISA DOCKING SENYAWA ASAM ORGANIK KOMBUCHA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa)

NIDIE, MUSTIKA ANDINI (2021) STUDI AKTIVITAS SEL IMUNOKOMPETEN PADA PENYAKIT MALARIA DILIHAT DARI ANALISA DOCKING SENYAWA ASAM ORGANIK KOMBUCHA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NIDIE MUSTIKA ANDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIDIE MUSTIKA ANDINI.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI AKTIVITAS SEL IMUNOKOMPETEN PADA PENYAKIT MALARIA DILIHAT DARI ANALISA DOCKING SENYAWA ASAM ORGANIK KOMBUCHA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa) Oleh : Nidie Mustika Andini Malaria masih menjadi ancaman bagi negara berkembang dan beriklim tropis seperti Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan tingginya tingkat morbiditas dan resistensi dalam pengobatan. Sehingga perlunya solusi untuk mencegah perluasan dan mengurangi kesempatan terjadinya resistensi, dengan memanfaatkan tumbuhan herbal sebagai terapi pendamping yang dapat meningkatkan sistem imun. Kombucha rosella diasumsikan memiliki efek imunomodulator yang dapat meningkatkan aktivasi dan proliferasi sel limfosit saat terjadi infeksi karena mengandung senyawa flavonoid dan asam organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senyawa asam organik kombucha rosella berpotensi untuk meningkatkan aktivitas sel imunokompeten dan untuk mengetahui senyawa asam organik manakah yang memiliki potensi paling tinggi. Metode yang digunakan yaitu metode in silico. Senyawa ligan yang digunakan dalam proses docking molekuler adalah asam laktat, asam asetat dan asam glukonat. Sedangkan protein targetnya adalah TCR αβ – MHC II complex. Simulasi docking dilakukan menggunakan aplikasi AutodockTools 1.5.6, Autodock 4.2 dan Discovery Studio Visualizer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa asam organik kombucha rosella berpotensi untuk berikatan dengan reseptor TCR αβ – MHC II complex. Sedangkan senyawa yang memiliki potensi yang paling tinggi adalah asam asetat, yaitu dengan skor docking : nilai Free Energy Binding (∆Gbinding) (-1.76 kcal/mol), nilai konstanta inhibisi (51.69 nM) dan nilai RMSD < 5 (4.1 Å). Oleh karena itu diasumsikan juga bahwa asam organik kombucha rosella berpotensi untuk meningkatkan aktivitas sel imunokompeten secara in silico. Kata kunci : in silico, kombucha rosella, malaria, sel imunokompeten

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:40
Last Modified: 02 Mar 2021 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13343

Actions (login required)

View Item View Item