PERSEPSI MAHASISWA PAI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

FRISKA, ROVIANDRI (2021) PERSEPSI MAHASISWA PAI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FRISKA ROVIANDRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERSEPSI MAHASISWA PAI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING DIMASA PAMDEMI COVID-19 Oleh Friska Roviandri Perkuliahan daring (online) merupakan pembelajaran yang diselenggarakan melalui jaringan web dan salah satu bentuk pemanfaatan internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Mahasiwa PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung Terhadap Sistem Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Analisis deskriptif pada penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa PAI angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung mengenai sistem pembelajaran daring terkait pemanfaatan media atau aplikasi pemelajaran online, jenis komunikasi tertentu yang digemari mahasiswa, kendala yang dialami, pemahaman materi dalam pembelajaran daring, alat komunikasi yang digunakan, dan tempat saat pembelajaran daring, serta pembelajaran yang disukai oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 182 mahasiswa PAI angaktan 2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung yang telah terlibat dalam pembelajaran daring selama masa karantina Covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang disukai Mahasiswa PAI angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung dalam perkuliahan daring (online) adalah Zoom meeting dan E-learning. Model komunikasi yang disukai adalah model komunikasi dua arah. Faktor penghambat atau kendala yang dialami mahasiswa saat perkuliahan daring adalah jaringan internet yang kurang memadai di daerah tempat tinggal mereka dan membutuhkan cukup banyak kuota internet atau paket data sehingga membebani mahasiswa. Pemahaman materi yang disampaikan oleh dosen melalui perkuliahan daring (online) cukup dipahami oleh mahasiswa. Alat komunikasi yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran daring adalah handphone karena lebih mudah digunakan. Tempat yang biasa digunakan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran daring adalah di rumah dan di tempat yang bagus jaringan internetnya. Mahasiswa lebih memilih perkuliahan tatap muka dibandingkan dengan perkuliahan daring (online) karena interaksi antar dosen dan mahasiswa dapat dilakukan dalam ruangan kelas dan tidak membutuhkan aplikasi. Kata Kunci : Persepsi, Perkuliahan Daring, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:58
Last Modified: 01 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item