ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BUDI DAYA UDANG VANAME GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Desa Karyatani Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur)

SITI, NURJANAH (2021) ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BUDI DAYA UDANG VANAME GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Desa Karyatani Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI SITI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu cara untuk meningkatan pendapatan petani udang vaname dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi. Di Desa Karyatani banyak petani yang beralih budidaya adanya perkembangan teknologi dikarenakan beberapa faktor. Dalam perkembangan teknologi diharapkan dengan petani beralih budidaya denga intensif atau semi intensif diharapkan dapat meningkat pendapatannya karena petani harus bisa memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penyebab lain petani beralih budidaya banyaknya penyakit atau hambatan dalam budidaya dengan cara tradisional. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses perkembangan teknologi dalam budidaya udang vaname dan faktor petani beralih budidaya ? dan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap peningkatan pendapatan masyarakat melalui budidaya udang vaname ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perkembangan teknologi budidaya udang vaname dan faktor petani beralih budidaya dan mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap peningkatan pendapatan masyarakat melalui budidaya udang vaname. Penelitian ini merupakan perupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi berupa data kepustakaan dan gambar lokasi penelitian populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 orang dan yang jadikan sempel 37 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan berfikir deduktif. Hasil dari penelitian ini bahwa ada empat faktor yang membuat petani beralih budidaya ke intensif atau semi intensif yaitu harga udang vaname yang tinggi, faktor pangsa pasar udang vaname yang baik, faktor perkembangan teknologi, dan faktor jangka panen udang vaname yang cepat. Sedangkan jika dilihat dari ekonomi Islam keempat faktor yang mempengaruhi perkembangan teknologi serta beralih budidaya tersebut tidak di larang dalam Islam selama faktor tersebut tidak menyimpang dalam Islam dan tidak merugikan orang lain atau tidak menyebabkan kerusakan dibumi. Kata kunci: Perkembangan Teknologi, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:19
Last Modified: 01 Mar 2021 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item