USAHA MENINGKATKAN KEMAMPUAN IBADAH SHALAT DHUHA ANAK MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI SD NEGERI 2 YOGYAKARTA, KECAMATAN GADING REJO, KABUPATEN PRINGSEWU

Muhammad, Farhan (2021) USAHA MENINGKATKAN KEMAMPUAN IBADAH SHALAT DHUHA ANAK MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI SD NEGERI 2 YOGYAKARTA, KECAMATAN GADING REJO, KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Muhammad Farhan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi File Khusus Muhammad Farhan.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK USAHA MENINGKATKAN KEMAMPUAN IBADAH SHALAT DHUHA ANAK MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI SD NEGERI 2 YOGYAKARTA, KECAMATAN GADING REJO, KABUPATEN PRINGSEWU Oleh: MUHAMMAD FARHAN NPM. 1611010407 Shalat dhuha merupakan salah satu kegiatan ibadah yang telah dilaksanakan di SD Negeri 2 Yogyakarta dari kelas III-V. Selain mengajarkan kaidah-kaidah syarat diterimanya ibadah, juga melatih anak didik sejak dini agar dapat membiasakan rutin melaksanakan ibadah shalat dhuha dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan gerakan, bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Ibadah shalat dhuha yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pelajaran pendidikan agama Islam dalam kemahiran ibadah shalat dhuha siswa-siswi. Oleh karena itu, diadakan penelitian terkait pentingnya usaha meningkatkan kemampuan ibadah shalat dhuha anak menggunakan metode pembiasaan di SD Negeri 2 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana usaha meningkatkan kemampuan ibadah shalat dhuha anak kelas V menggunakan metode pembiasaan. 2) Bagaimana hasil dari implementasi metode pembiasaan terhadap usaha peningkatan kemampuan ibadah shalat dhuha anak. 3) Apa faktor pendukung dan penghambat proses implementasi metode pembiasaaan dalam meningkatkan kemampuan ibadah shalat dhuha peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan ibadah shalat dhuha dilaksanakan secara konsisten dan sistematis sesuai dengan langkahlangkah dari teori metode pembiasaan, mulai dari pendahuluan, kegiatan, inti, dan penutup. 2) Usaha guru PAI meningkatkan ibadah shalat dhuha anak didik tiap satu pekan sekali menggunakan metode pembiasaan. 3) Peserta didik rata-rata sudah menghafal bacaan-bacaan shalat dhuha, sebab guru PAI mengulang-ulang bacaan shalat dhuha untuk membiasakan peserta didik agar bacaan-bacaan shalat dhuha mudah dihafal peserta didik. 4) Peserta didik sudah mendapatkan peningkatakan kemampuan praktik gerakan shalat dhuha yang signifikan. Hal ini dikarenakan peserta didik tersebut telah terbiasa rutin melaksanakan shalat dhuha di sekolah yang dibimbing oleh guru PAI di SD Negeri 2 Yogyakarta. Kata Kunci: Shalat Dhuha. Metode Pembiasaan Shalat Dhuha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:08
Last Modified: 01 Mar 2021 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13323

Actions (login required)

View Item View Item