UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BUAH JAMBU KRISTAL (Psidium guajava L.) MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-Diphenyl-2- Picrylhdrazyl)

Reni, Agustina (2021) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BUAH JAMBU KRISTAL (Psidium guajava L.) MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-Diphenyl-2- Picrylhdrazyl). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RENI AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1,2 dan dapus.pdf] PDF
Download (481kB)

Abstract

ABSTRAK Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh dengan cara menghambat proses oksidasi. Antioksidan yang berasal dari luar tubuh bisa didapatkan dalam bentuk alami dan sintesis. Sifat karsiogenik yang dimiliki antioksidan sintesis dalam waktu tertentu dapat menjadi racun pada tubuh sehingga membutuhkan antioksidan alami yang lebih aman. Antioksidan alami terdapat dalam buah-buahan. Buah jambu kristal memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, asam lemak tak jenuh, polifenol, karetenoid, dan omega 3. Buah jambu kristal adalah buah yang belum diketahui aktivitas antioksidannya. Metode DPPH yang digunakan untuk menguji aktivitas antioksidan merupakan metode yang cepat, tepat, dan sensitif terhadap senyawa atau ekstrak pada tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan pada buah jambu kristal (Psidium guajava L.) menggunakan metode DPPH (1,1-Diphenyl-2-Pikryhydrazyl). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental laboratorium. Teknik pengambilan sampel dengan cara consecutive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 5 kg buah jambu kristal. Data mentah yang dihasilkan dianalisis dengan uji statistik menggunakan regresi linier. Pada uji kualitatif fitikimia ekstrak buah jambu kristal telah ditemukan senyawa saponin, polifenol, terpenoid, tanin dan flavonoid tetapi tidak ditemukan senyawa alkaloid. Uji aktifitas antioksidan menunjukan nilai IC50 sebesar 1637,11 µg/mL. Buah jambu kristal memiliki aktivitas antioksidan namun bersifat sangat lemah. Kata Kunci : Aktivitas Antioksidan, Buah Jambu Kristal, Metode DPPH (1,1- Dyphynyl-2-Pycrylhydrazyl).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:23
Last Modified: 26 Feb 2021 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item