PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN ANTI-BULLYING PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG T.P 2020/2021

VIVI, OKTAVIANTI (2021) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN ANTI-BULLYING PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL VIVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2 VIVI.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kesadaran anti-bullying merupakan pemahaman yang membahas tentang apa yang dimaksud dengan perilaku bullying, dampak dari perilaku bullying dan kesadaran anti-bullying. Namun dari beberapa peserta didik ada yang belum mempunyai kesadaran terhadap perilaku bullying, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran anti-bullying. Kesadaran peserta didik terhadap bullying yang dapat dilihat pada jurnal kasus guru BK / konselor sekolah, merupakan salah satu upaya yang akan dilakukan dalam meningkatkan kesadaran anti-bullying dengan menggunakan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan informasi melalui media animasi terhadap peningkatan kesadaran anti-bullying peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan one group pretest-postets. Sampel penelitian berjumlah 13 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS 20. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung 11.926, kemudian dibandingkan dengan ttabel 2.179 karena thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pemahaman kesadaran anti-bullying (pretest) sebelum pemberian layanan informasi melalui media animasi dan (posttest) setelah pemberian layanan informasi melalui media animasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi melalui media animas berpengaruh untuk meningkatkan kesadaran anti-bullying peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:32
Last Modified: 25 Feb 2021 05:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13303

Actions (login required)

View Item View Item