TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 04 TAHUN 2017 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN KUMUH DAN PEMUKIMAN KUMUH (Studi pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bandar Lampung

DWI, FITRIANI (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 04 TAHUN 2017 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN KUMUH DAN PEMUKIMAN KUMUH (Studi pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER_BAB I - II _DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 04 Tahun 2017 Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Pemukiman Kumuh merupakan peraturan yang dibuat oleh pemerintah kota Bandar Lampung untuk pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan dan pemukiman kumuh yang ada di kota Bandar Lampung. Kebersihan lingkungan merupakan bagian dari kesempurnaan nikmat yang diberikan Allah kepada hamba-Nya, karena bersih merupakan modal awal dari hidup sehat, kesehatan merupakan nikmat yang tidak ternilai harganya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 04 Tahun 2017 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bandar Lampung, dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 04 Tahun 2017 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 04 Tahun 2017 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 04 Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah field research (lapangan). Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dengan mencari data untuk kebutuhan menyelesaikan penelitian ini dengan beberapa metode pengumpulan data, yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 04 Tahun 2017 ini masih belum bisa diterapkan sebaik mungkin sebagaimana mestinya, dengan adanya faktor kendala kendala covid-19 yang menjadi kendala lancarnya penerapan tugas oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bandar Lampung seperti kinerja bidang perumahan Dinas Bidang Perumahan dan Permukiman Kota bandar Lampung sampai dengan bulan September tahun 2020 mengalami peningkatan yang tidak signifikan di sebabkan pengaruh dampak Pandemi COVID-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini yang berdampak pada refocusing anggaran daerah maupun pusat. Dalam tinjauan fiqh siyasah dalam konsep siyasah dusturiyah adanya suatu peraturan dan perundang-undangan yang dituntut oleh hal kenegaraan dari segi persesuaian dengan prinsip agama yang merupakan realisasi kemaslahatan manusia serta memenuhi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:50
Last Modified: 24 Feb 2021 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13284

Actions (login required)

View Item View Item