ANALISIS PERAN TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran)

Shouful, Wizan (2021) ANALISIS PERAN TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (827kB)
[thumbnail of SKRIPSI WIJAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tempat pelelangan ikan merupakan tempat untuk memasarkan hasil tangkapan ikan para masyarakat nelayan. Tempat pelelangan ikan ini juga sebagai tempat distribusi dan tempat para nelayan untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya. Tempat pelelangan berupaya menanggulangi berbagia permasalahan nelayan sehingga keberadaan tempat pelelangan ikan mampu meningkatkan kualitas fisik ikan dan harga bagi pendapatan nelayan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing terhadap peningkataan kesejahteraan masyarakat nelayan di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran? dan, (2) Bagaimana Analisis peran tempat pelelangan ikan (TPI) Lempasing terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan dalam Perfektif Ekonomi Islam di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi dari tempat pelelangan ikan terhadap kesejahteraan nelayan di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, dan (2) Sebagai Analisis peran tempat pelelangan ikan terhadap kesejahteraan masyarakat nelayan perfektif ekonomi Islam di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan ( field research), dengan sifat penelitian deskriptif analistik. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Tempat pelelangan ikan yang ada di desa Lempasing berperan penting terhadap peningkatan pendapatan para masyarakat nelayan serta dengan meningkatnya pendapatan nelayan maka para nelayan dapat memenuhi tingkat pendidikan, kesehatan, dan tempat tinggal yang layak bagi para nelayan. Dengan demikian TPI sudah cukup baik berperan dalam mensejehaterakan masyarakat nelayan dengan memenuhi beberapa kriteria kesejahteraan masyarakat, meskipun dalam melakukan pembinaan nelayan belum dikatakan baik karena tidak adanya kepastian dalam segi waktu sehingga belum dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dalam perspektif ekonomi Islam peran TPI mampu menigkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, tetapi hanya sampai ebutuhan dharuriyat (primer) dan Hajiyat (sukender) saja, sedangkan penyempurnaan kebutuhan hajiyat (tersier) belum terpenuhi dengan baik. Kata kunci: Tempat pelelangan ikan, Kesejahteraan dan Nelayan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:09
Last Modified: 24 Feb 2021 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item