EKSPERIMENTASI DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA ANAK KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME - BANDAR LAMPUNG

Icha, Widyaningsih (2021) EKSPERIMENTASI DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA ANAK KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME - BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EKSPERIMENTASI DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA ANAK KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAHH SUKARAME – BANDAR LAMPUNG Oleh : Icha Widyaningsih Npm: 1611080352 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh teknik cognitive restructuring dalam mengurangi tingkat kecemasan peserta didik melalui pembelajaran dalam jaringan pada anak kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame – Bandar Lampung. Berdasarkan data pra penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat peserta didik kelas VIII yang mengalami tingkat kecemasan yang tinggi pada pembelajaran dalam jaringan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Reasearch (SSR) dengan desain A-B-A, Alat instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala pengukuran tingkat kecemasan yaitu Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS), observasi, wawancara, dan catatan anekdot. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kecemasan yang dialami peserta didik pada fase baselin-1 mencapai 68% dalam kategori tinggi sedangkan setelah diberikannya intervensi peserta didik mengalami penurunan dalam tingkat kategori kecemasan yang menurun mencapai 34% termasuk dalam kategori sedang. Keberhasilan dapat dilihat dari data overlap yang rendah (0%). Kata Kunci: Layanan Konseling Individu, Teknik Cognitive Restructuring, Mereduksi Tingkat Kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:08
Last Modified: 24 Feb 2021 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13274

Actions (login required)

View Item View Item