IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS IV DI SDIT FITRAH INSANI LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG

WINDARI, WINDARI (2021) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS IV DI SDIT FITRAH INSANI LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI WINDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal AlQur’an dalam pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode Wafa. Metode Wafa merupakan pembelajaran al-Qur’an yang komperehensif dan menyenangkan. Model pembelajaran menggunakan sistem Quantum Teaching melalui TANDUR yang merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Sehingga mempelajari Al-Qur’an menjadi mudah dan menyenangkan termasuk menghafalkannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi metode wafa dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an DI SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan cara guru mengimplmentasikan metode Wafa dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru al-Qur’an dan siswa SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilapangan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa, diperoleh banyaknya siswa yang mencapai kriteria kelulusan yang telah ditentukan yaitu 80. 23 peserta didik atau sama dengan 85% dengan kemampuan menghafal yang sangat baik dari 27 siswa. Sedangkan yang belum mencapai target hafalan sekitar 15% atau berjumlah 4 peserta didik, namun kemampuan menghafal al-Qur’an mereka sudah cukup baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Wafa dapat meningkatkan kemampuan menghafal AlQur’an kelas IV di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung. Kata Kunci: Metode Wafa, Hafalan Qur’an, Kemampuan Menghafal Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:59
Last Modified: 24 Feb 2021 05:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item