PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN

Anisa, Anisa (2021) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT ANISA.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh: ANISA Penelitian ini dilator belakangi masalah masih rendahnya Hasil Belajar peserta didik MTS Al-Fatah Natar Lampung Selatan, hal ini dikarenakan strategi atau metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dengan demikian, menyebabkan pembelajaran tidak efektif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah. Oleh karena itu, pada penelitian ini apakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VIII F MTs Al-Fatah Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Risearch), proses tindakan kelas meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan agar guru lebih kreatifdalam memilih model atau metode pembelajaran yang bervariasi, dan agar peserta didik mendapatkan Hasil Belajar yang sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VIII F MTs Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Sedangkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran Fiqih, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Setelah menerapkan metode problem solving pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat dari data prasurvey yaitu 4 peserta didik (22%) menjadi 8 peserta didik (42%) yang tuntas, dan 11 (58%) peserta didik yang belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar lebih meningkat menjadi 16 peserta didik (84%) yang tuntas, 2 peserta didik (16%) yang belum tuntas. Dengan demikian data prasurvey terjadi peningkatan 12 peserta didik. Hasil penelitisn diperoleh dengan menerapkan metode problem solving, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yaitu 80% peserta didik yang tuntas sudah tercapai sehingga pelaksanaan siklus tindakan selayaknya dihentikan. K.K : Pengertian Hasil Belajar, Hasil Belajar Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:32
Last Modified: 24 Feb 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item View Item