PERAN ORANGTUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA COVID-19 PADA PESERTA DIDIK DI KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 1 WAY TENONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

M. RIKARDO, M. RIKARDO (2021) PERAN ORANGTUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA COVID-19 PADA PESERTA DIDIK DI KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 1 WAY TENONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI M RIKARDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of COVER BAB1,2 DAPUS   M RIKARDO.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Abstrak Semua Orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak- anaknya. Selain mendapatkan pelajaran dan bimbingan di sekolah, Orangtua juga harus membimbing belajar anak di rumah. Peran Orangtua dalam membantu proses pembelajaran anak di Era Covid-19 ini sangat penting bahwasannya anak membutuhkan bimbingan serta nasehat, pengawasan pembelajaran, motivasi, dan kebutuhan belajar agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran Orangtua dalam proses pembelajaran di Era Covid- 19 di SMA Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat, selama proses pembelajaran melalui daring untuk membimbing anak-anak upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, data diperoleh melalui triangulasi, populasi dari penelitian ini adalah Orangtua dan peserta didik berlatar belakang keluarga PNS, yang kedua Orangtua dan peserta didik berlatar belakang keluarga Wiraswasta, dan yang ketiga Orangtua dan peserta didik berlatar belakang keluarga Petani. Hasil dari penelitian ini yaitu peran Orangtua dalam melaksanakan pembelajaran di Era Covid-19 mampu berperan dalam membantu melaksanakan proses pembelajaran peserta didik walaupun dengan latar belakang dan kesibukan yang berbeda-beda Orangtua selalu memberikan yang terbaik untuk pendidikan anaknya demi menggapai masa depan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:52
Last Modified: 23 Feb 2021 05:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item