Studi Komparasi Pemikiran Humanisme Islam Nurchalish Madjid dan Abdurahman Wahid dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam

SOLIHIN, TENI MA’ARIF (2021) Studi Komparasi Pemikiran Humanisme Islam Nurchalish Madjid dan Abdurahman Wahid dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SHOLIHIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN HUMANISME ISLAM NURCHALISH MADJID DAN ABDURAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Solihin Teni Ma’arif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena kekerasan atas nama agama di banyak tempat dengan berbagai variannya yang menunjukkan adanya penyakit ekslusifitas dalam beragama. Lebih jauh yang paling menyedihkan ialah agama yang bertindak ekslusif ialah Islam, yang semestinya menjadi rahmat bagi seluruh alam. Agama menjadi sumber pembenaran tindak kekerasan, kekejian, perlakuan semena-mena yang memberangus keadilan, keharmonisan, toleransi, dan saling memnghargai antar sesama dalam berbangsa dan bernegara. Pembiaran terhadap tindak kekerasan dan semena-mena adalah hal buruk yang mesti diinsyafi, sehingga wacana-wacana kemanusiaan yang menjangkau semuanya mesti digaungkan lebih keras dan masif. Dengan keadaan demikian maka menyemai pemikiran humanisme Islam dari Nurchalish Madjid dan Abdurahman Wahid merupakan alternatif efektif dan efisien, selain karena memang keduanya semasa hidup begitu giat menggaungkan semangat-semangat kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai konsep pemikiran humanisme Islam Nurchalish Madjid dan Abdurahman Wahid dan apa kaitannya terhadap pendidikan islam itu sendiri. Penelitian ini menggunakan studi pustaka (Library Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknin pengumpulan datanya ialah menggunakan teknik literer. Kemudian dalam menggunakan konten analisis (analysis content) untuk mengurai data tersebut. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemikiran humanisme Islam baik dari Nurhcalish Madjid maupun Abdurahman Wahid memiliki irisan yang jelas terhadap pendidikan Islam itu sendiri. Melalui pemikiran tersebut, pendidikan Islam menjadi lebih kaya dan kreatif serta dapat berkembang lebih meluas atau dengan akta lain pemikiran keduanya dapat diimplementasikan di dunia pendidikan Islam. Sehingga pendidikan Islam yang humanis dapat menjadi pondasi bagi perlawanan segala bentuk tindak kekerasan, kekejian, kesemena-menaan, dan radikalisme atas nama agama. Pendidikan yang demikian dengan kata lain menjadikan manusia lebih manusiawi dan toleransi. Sehingga dengan penuturan lain dapat dinyatakan bahwa pendidikan Islam dapat mengikuti alur budaya dan keadaan masyarakat yang ada. Kata Kunci: Humanisme, Agama, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:56
Last Modified: 23 Feb 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13258

Actions (login required)

View Item View Item