TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP EFEKTIVITAS FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PELAKSANAAN PEMERINTAH DESA (Studi di Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji)

ARIYANSYAH, ARIYANSYAH (2021) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP EFEKTIVITAS FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PELAKSANAAN PEMERINTAH DESA (Studi di Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji). Undergraduate thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Permusyawaratan Desa merupakan mitra Kepala Desa dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Keanggotaan BPD merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang pengisiannya dilakukan secara demokratis. Desa Talang Batu merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, dan Desa Talang Batu ini merupakan salah satu desa yang memiliki Badan Permusyawaratan Desa. Menurut Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Pasal 31 Tentang Badan Permusyawaratan Desa memiliki tiga fungsi yaitu, fungsi legislasi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, fungsi pengayom menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, fungsi pengawasan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti ingin melakukan kegiatan penelitian dengan judul “Tinjauan Fiqh Siyāsah Terhadap Efektivitas Fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam Pelaksanaan Pemerintah Desa (Studi di Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji)”. Rumusan masalah yang penulis bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam pelaksanaan pemerintah desa di Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Dan bagaimana tinjauan fiqh siyāsah terhadap efektivitas fungsi Badan Permusyawaratan Desa di Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data dengan menggunakan populasi dan sempel, Analisis data menggunakan analitis kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam pelaksanaan pemerintah desa di Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji belum berjalan dengan efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dari pemerintah desa atas kedudukan Badan Permusyawaratan Desa di Desa Talang Batu. Berdasarkan pada firman Allah Qur’an Surah An-Nisa ayat 59 bahwa kewajiban setiap muslim ialah mendengar dan taat kepada imamnya, baik ia senang maupun benci, selama tidak disuruh berbuat dosa. Tetapi jika ia disuruh berbuat dosa, maka tidak ada kewajiban mendengar dan taat. Kepada anggota Badan Permusyawaratan Desa hendaknya sebagai organisasi perwakilan masyarakat desa supaya lebih menjalankan pengetahuan, wawasan, kemampuan, keterampilan serta selalu memanfaatkan sumber daya yang ada demi kepentingan dan kepuasan masyarakat karena Badan Permusyawaratan Desa adalah sebuah lembaga yang dibentuk untuk kepentingan masyarakat didaerahnya. Kepada Pemerintah Desa hendaknya lebih terbuka terhadap informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan oleh pemerintah Desa sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:27
Last Modified: 22 Feb 2021 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item