PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN ONE MINUTE PAPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA MA’ARIF 06 PASIR SAKTI

NANDA, AWALINA PUTRI (2021) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN ONE MINUTE PAPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA MA’ARIF 06 PASIR SAKTI. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of skripsi nanda awalina putri 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu jalan yang dapat digunakan oleh pendidik agar mampu mengarahkan kegiatan siswa dalam memahami materi pelajaran. Pembelajaran yang monoton dan kurangnya pengoptimalan proses mengajar dapat menimbulkan kejenuhan peserta didik terhadap materi dan kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik dan cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan teknik One Minute Paper yang merupakan salah satu pembelajaran aktif individual yang diterapkan dalam pembelajaran kooperaatif untuk membantu peserta didik mengoptimalkan potensi yang dimiliki sehingga dapat mencapai hasil yang memuaskan. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh teknik pembelajaran one minute paper terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Ma’arif 06 Pasir Sakti?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh teknik pembelajaran one minute paper terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih Kelas XI di MA Ma’arif 06 Pasir Sakti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan jenis pre test and post test one group design. Penelitian ini dilakukan di MA Ma’arif 06 Pasir Sakti, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Ibnu Abbas yang berjumlah 30 peserta didik, dengan teknik pengumpulan data dengan tes. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperolehan pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 Ditolak dan Ha diterima yakni dengan Thitung 6.182 >Ttabel 1.701 . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik pembelajaran One Minute Paper terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Ma’arif 06 Pasir Sakti. Kata Kunci : Teknik pembelajaran One Minute Paper, Hasil Belajar,Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:09
Last Modified: 22 Feb 2021 05:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item