PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASI INQUIRI LESSON UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

TRI, REKA ENJELA (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASI INQUIRI LESSON UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP REKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASI INQUIRI LESSON UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG OLEH TRI REKA ENJELA Rendahnya kemampuan berfikir siswa disebabkan berbagai aspek diantaranya pembelajaran berpusat kepada guru, kurang inovasi sumber belajar yang digunakan sehingga siswa malas belajar. Hal itu dapat dilihat berdasarkan hasil nilai harian dan semester peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul biologi berbasis inquiry lesson untuk melatih kemampuan berfikir kritis peserta didik di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Desain penelelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil sebesar 86.19% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan pada validasi ahli media memperoleh skor sebesar 86.5% dengan kriteria sangat tinggi, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor sebesar 92.36% dengan kriteria sangat tinggi. Sehingga, modul biologi berbasis inquiry lesson dapat dinyatakan valid. Hal senada juga didapatkan dari respon guru memperoleh skor sebesar 89.67 % dengan kriteria sangat tinggi dan respon siswa memperoleh skor sebesar 92.64 % dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi ahli dari berbagai aspek serta respon guru dan siswa yang menyatakan valid, menunjukan bahwa modul biologi berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi. Modul ini diyakini dapat melatih kemampuan berfikir siswa untuk lebih dapat memecahkan masalah karena berbasis inquiry lesson. Kata Kunci: Modul, Inquiry Lesson, Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:59
Last Modified: 17 Feb 2021 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item View Item