PENGARUH BUDAYA LITERASI MAHASISWA TERHADA PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2017)

BANATUL, KHOIRIAH ULFA (2021) PENGARUH BUDAYA LITERASI MAHASISWA TERHADA PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2017). Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kaitannya dengan penguasaan materi Pendidikan Agama Islam, selama proses pembelajaran sangat diperlukannya budaya literasi mahasiswa. Dengan budaya literasi yang baik, mahasiswa dapat mengoptimalkan pembelajaran dikelas dan mendapatkan hasil atau prestasi yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya literasi mahasiswa terhadap penguasaan materi Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2017. Teknik pengambilan sempel secara random sampling . Dengan populasi 300 mahasiswa dan sempel yang digunakan berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari angket dan tes. Instrument penelitian terdiri dari angket budaya literasi dan tes pemahaman materi Pendidikan Agama Islam yang mencakup empat aspek Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlaq, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam.Pengujian hipotesis pada penelitian ini dapat disimpulkan: nilai F tabel dengan nilai df (n1) = 1, df (n2) = 58, dan taraf signifikansi 0,05 maka didapatkan nilai F tabel sebesar 4,01. Nilai F hitung (11,320) > F tabel (4,01) dan nilai signifikan 0,001 < α = 0,05. Nilai t hitung untuk budaya literasi adalah 3,365 dengan tingkat signifikansi 0,001 maka variabel budaya literasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penguasaan materi PAI mahasiswa dengan nilai t hitung (3,365) > t tabel (2,021) dan nilai signifikan (0,001) < 0,05. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ketrampilan budaya literasi sangat berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman penguasaan materi pendidikan Agama Islam bagi mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:12
Last Modified: 17 Feb 2021 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item