PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH (Tinjauan Budaya Lokal Ruwat Laut di Lingkungan Sukamina Kelurahan Waytataan Kecamatan Teluk Betung Timur Bandar Lampung)

Barlian, Putra (2021) PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH (Tinjauan Budaya Lokal Ruwat Laut di Lingkungan Sukamina Kelurahan Waytataan Kecamatan Teluk Betung Timur Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tradisi Ruwat laut merupakan tradisi turun-menurun yang sudah dilaksanakan pada zaman dahulu hingga saat ini, tradisi ini biasanya terdapat di daerah pesisir pantai yang masyoritas masyarakatnya adalah berprofesi sebagai nelayan. Maka dari itu bagaimana tradisi ruwat laut ini dilihat melalui PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH (Tinjauan Budaya Lokal Ruwat Laut di Lingkungan Sukamina Kelurahan Way Tataan Kecamatan Teluk Betung Timur Bandar Lampung). Masyarakat sukamina mayoritas beragama Muslim dan bersuku Jawa. Masyarakat Nelayan percaya bahwa makna dari melaksanakan tradisi ruwat laut merupakan sebagai tanda ungkapan syukur atas hasil laut yang di peroleh dan diberikan keselamatan saat sedang berlayar mencari ikan. Kemudian yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini merupakan bagaimana Perspektif dakwah Islam dalam tradisi ruwat laut yang dilakukan oleh Pendakwah dan masyarakat nelayan, sehingga masyarakat nelayan dapat mengetahui mengenai makna tradisi ruwat laut ini dengan adanya praktik ritual yang dijalankan memberikan sbeuah pertanyaan dibolehkan atau tidak praktik ritual ini didalam syariat Islam. Hal ini dikarenakan tradisi ruwat laut kebenarnya belum bisa di pastikan. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan teknik snowball sampling dengan metode kualitatif yang berjumlah 8 orang. Analisa data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi interview observasi serta dilandasi dengan teori dan pendapat peneliti sehingga menemukan hasil dari penelitian ini. Hasil yang ditemukan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH (Tinjauan Budaya Lokal Ruwat Laut di Lingkungan Sukamina Kelurahan Way Tataan Kecamatan Teluk Betung Timur Bandar Lampung) merupakan acara tahunan yang dilakukan masyarakat nelayan yang di terapkan melalui tradisi ruwat laut untuk kehidupan bermasyarakat antara satu nelayan dan lainnya. Untuk itu pelaksanaan tradisi ruwat laut memerlukan persiapan seperti menghias kapal, sesajen, kain putih Bungan tujuh rupa, kepala kerbau sebagai simbol rasa syukur masyarakat nelayan kepada penguasa laut, kemudian persiapan tadi diarungkan atau dihanyutkan ke laut. Dalam memecahkan Perspektif dakwah Islam dalam pandangan Islam yang mana sebagai umat Islam untuk saling menyeru ke jalan Allah SWT. Dan mencegah kepada yang munkar, seperti hal nya kegiatan ruwat laut yang sesembahannya memeliki simbol-simbol dan makna tertentu. Hal ini tentu menjadi tugas para pendakwah untuk meluruskan pandangan masyarakat nelayan mengenai tradisi ruwat ini. Kata Kunci : Kearifan Lokal, Tradisi Ruwat Laut, Komunikasi Dakwah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:35
Last Modified: 08 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13188

Actions (login required)

View Item View Item