PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

YENI, YULIANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,2 DAPUS    YENI YULIANA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI   YENI YULIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam memahami gagasan atau konsep matematika, bukan hanya sekedar menghafal konsep yang telah dipelajari, tetapi bisa menjelaskan kembali dalam cara yang berbeda sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami pada setiap penyelesaian matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMA Negeri 1 Buay Madang Timur masih rendah terlihat dari proses siswa dalam menyelesaikan soal, hal ini disebabkan kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Buay Madang Timur dengan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil uji anova dua jalan sel tak sama dengan menggunakan Microsoft Excel diperoleh hasil bahwa nilai sig. < 0,05 sehingga diperoleh hasil bahwa sehingga ditolak, sehingga ditolak dan sehingga diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model iv pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) Terdapat pengaruh pada kategori motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan video pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahamn konsep matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Video Pembelajaran, Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2021 03:39
Last Modified: 05 Feb 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item