STRATEGI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT ABDURRAHMAN BIN AUF

Nurhadija, N (2017) STRATEGI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT ABDURRAHMAN BIN AUF. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Nurhadija.pdf]
Preview
PDF
Download (757kB) | Preview

Abstract

Strategi pemimpin merupakan suatu proses penentuan rencana yang ditetapkan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahan dengan berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi. Sedangkan loyalitas sumber daya manusia merupakan kesetiaan, kepatuhan seorang bawahan terhadap apa-apa yang menjadi perintah seorang pemimpin lembaga. Poin-poin yang ada didalam strategi dijadikan alat untuk memengaruhi bawahan dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku bawahan supaya lebih baik lagi dan memengaruhi karyawan untuk memperbaiki kelompok. Tujuan penelitian untuk mengetahui apa saja strategi pemimpin lembaga Amil Zakat Abdurrahman bin Auf. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif yaitu penelitian yang hasilnya berupa data deskriptif melalui pengumpulan data dengan fakta-fakta dari kondisi yang ada sebagai sumber langsung dengan instrumen dari peneliti. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan metode purposive sample, di peroleh sampel berjumlah 4 orang. Sedangkan alat pengumpulan data (APD) dalam penelitian ini menggunakan wawancara bebas terpimpin, dokumentasi, dan observasi non partisipan. dan dianalisis, kemudian melakukan uraian dan penafsiran untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Penelitian ini mendapatkan suatu temuan dari hasil analisis bahwa lembaga Abdurrahman bin Auf ini menggunakan strategi sumber daya manusia (SDM) yang meliputi komunikasi, insentif, program kesejahtraan serta kesehatan 4 kerja (KK). dimana dengan adanya strategi ini loyalitas yang ada pada karyawan semakin meningkat. dan Sumber Daya Manusia atau karywan lembaga amil Zakat Abdurrahman bin Auf juga memiliki loyalitas yang tinggi dimana karyawan itu memiliki karakteristik diantaranya: berkata jujur, Mempunyai rasa memiliki lembaga, Mengerti kesulitan lembaga, Bekerja lebih dari yang diminta lembaga, Hemat dan Menyimpan rapat rasia lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2017 01:35
Last Modified: 13 Sep 2017 01:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item