PEiNGARUH ADANYA TRANSPORTASI ONLINEi TEiRHADAP KEiSEiJAHTEiRAAN DRIVEiR DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEiRSPEiKTIF EiKONOMI ISLAM (Studi Pada Komunitas Driveir Go-Jeik Di Kota Bandar Lampung)

RETNO, SARI (2021) PEiNGARUH ADANYA TRANSPORTASI ONLINEi TEiRHADAP KEiSEiJAHTEiRAAN DRIVEiR DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEiRSPEiKTIF EiKONOMI ISLAM (Studi Pada Komunitas Driveir Go-Jeik Di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RETNO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, mendorong masyarakat untuk berkembang, baik dari sisi sosial maupun non sosial. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini juga membawa pengaruh dalam bidang transportasi. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, terdapat inovasi baru, yaitu transportasi berbasis aplikasi atau transportasi online. Transportasi berbasis online ini merupakan penggabungan dari segi jasa transportasi ojek dan teknologi komunikasi. Transportasi online merupakan transportasi yang memanfaatkan aplikasi sebagai media pemesanan untuk memudahkan kosumen dalam memenuhi kebutuhan transportasi. Banyak konsumen yang lebih memilih menggunakan transportasi online dibandingkan menggunkan transportasi konvensional. Hal itu pula yang mendoronng masyarakat untuk bekerja sebagai driver transportasi online karena, mereka beranggapan bahwa bekerja sebagai driver transportasi online mampu meningkatkan pendapatan mereka. Transportasi online (Go-Jek) merupakan bentuk karya dari anak bangsa berasal dari Indonesia yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat terutama driver. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Transportasi Online (PT. Go-Jek) berpengaruh terhadap kesejahteraan Driver di Kota Bandar Lampung dan bagaimana kesejahteraan Driver Go-Jek di Kota Bandar Lampung menurut perspektif ekonomi Islam dan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh transportasi online (PT. Go-jek) terhadap kesejahteraan Driver Go-Jek di kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui kesejahteraan Driver Go-Jek di kota Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian field research, responden penelitian ini berjumlah 100 diambil menggunakan teknik random sampling, penelitian menggunakan model ekonomi regresi liner sederhana dengan uji T (parsial) dan uji determinasi dengan menggunakan alat bantu software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan uji T nilai thiting 6.092 lebih besar dari ttabel 0.2324 dan diperoleh R Square 2.75 dari uji determinasi transportasi online. Sehingga variabel transportasi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kesejahteraan driver sebesar 27.5%. Dalam perspektif ekonomi Islam pengaruh transportasi online terhadap kesejahteraan driver dengan meningkatnya pendapatan driver sehingga terpenuhinya pencapaian atas lima dasar pemeliharaan agama (al-dien), hidup atau jiwa (nafs), pengetahuan (aql), kesehatan (nasl) dan pendapatan (maal), sehingga dapat terpenuhinya kebutuhan dharuriyah (primer), kebutuhan hajiat (sekunder) dan kebutuhan tahsiniat (tersier). Kata Kunci: Transportasi Online, Kesejahteraan dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:12
Last Modified: 03 Feb 2021 06:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item View Item