PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MENGATASI MASALAH DEWASA MADYA TIDAK MENIKAH DI LEMBAGA PSIKOLOGI TERAPAN GRAHITA KABUPATEN TANGGAMUS

RENDY, RAMADHANI JALIL (2021) PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MENGATASI MASALAH DEWASA MADYA TIDAK MENIKAH DI LEMBAGA PSIKOLOGI TERAPAN GRAHITA KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan menunda pernikahan merupakan bukan hal yang mudah, banyak hal yang melatar belakangi dewasa madya untuk tidak menikah diantaranya yaitu tidak menikah merupakan pilihan hidup, ingin bebas, mengejar karir. Maka dari itu perlu adanya bimbingan konseling Islam untuk mengatasi permasalahan tersebut agar dewasa madya tidak menikah bisa menyelesaikan permasalahn yang dihadapinya. Penelitian pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam mengatasi masalah dewasa madya tidak menikah di fokuskan pada dua pokok permasalahan; 1) bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam mengatasi masalah dewasa madya tidak menikah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Dengan metode deskriptif, subjek penelitian ini adalah satu konselor, dua pembimbing agama dan empat klien. Pengambilan subjek sampel penelitian menggunakan teknik non purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam mengatasi masalah dewasa madya tidak menikah dilaksanakan dengan memperhatikan tiga tahap utama yang merupakan kunci dari terlaksananya pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam yaitu; a) tahap penerimaan calon klien. Pada tahap penerimaan calon klien ini meliputi pendataan dan administrasi. b) tahap pemberian materi dan metode yang tepat. Materi yang di gunakan adalah bimbingan dan konseling Islam, materi keagamaan dan metode yang digunakan bimbingan kelompok, konseling individu dan metode pencerahan. c) tahap hasil pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam. Hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam yaitu klien merasa lebih tenang dalam menghadapi masalah, klien termotifasi untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan klien ingin mendapatkan pasangan hidup dan memiliki keluarga yang bahagia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:51
Last Modified: 03 Feb 2021 05:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13151

Actions (login required)

View Item View Item