POTENSI BERBAGAI BUMBU DAPUR SEBAGAI REPELEN ALAMI BAGI KECOA AMERIKA (Periplaneta americana) (Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi SMA Kelas XI Pada Materi Parasitologi)

MEGI, RICHO WALDI (2021) POTENSI BERBAGAI BUMBU DAPUR SEBAGAI REPELEN ALAMI BAGI KECOA AMERIKA (Periplaneta americana) (Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi SMA Kelas XI Pada Materi Parasitologi). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MEGI RICHO WALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecoa merupakan vektor yang bisa menularkan maupun menimbulkan beragam jenis penyakit sehingga keberadaannya sangat mengaggu hal itu dikarenakan dapat menimbulkan aroma bau yang tidak sedap, mengotori dinding, mengotori buku, mengotori perkakas rumah tangga, menyebarkan berbagai patogen penyakit serta menimbulkan alergi. Oleh sebab iu diperlukan adanya upaya pengendalian salah satunya adalah pengendalian melalui minyak atisi dari bumbu dapurseperti kunyit, serai, kayu manis, jahe, kencur, pala, cengkeh, daun jeruk, lada dan lengkuas, penggunaan tumbuhan ini dikarenakan menghasilkan minyak atsiri yang dilaporkan bertindak sebagai repelan. Namun hal tersebut masih belum dimanfaakan oleh masyarakat selaa masyaakat lebih memilih menggunakan bahan kimiawi dalam melakukan pengendalian kecoa amerika.Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah potensi berbagai bumbu dapur sebagai repelanalami bagi kecoa Amerika (Periplaneta americana)?. Penelitian ini dilakukan Desa Panaragan Jaya Utama Kabupaten Tulang Bawang Barat. Waktu penelitian selama 3 hari, dengan menggunakan alat seperti botol plastik, gunting, selotip, toples plasik, tisu plastik, dan timbangan untuk menimbang berat bumbu dapur seperti kunyit, serai, kayu manis, jahe, kencur, pala, cengkeh, daun jeruk, lada dan lengkuas dan terakhir adalah kecoa sebanyak 24 ekor kecoa amerika dewasa jantan berukuran 3.8 – 4 cm. Berdasarkan hal tersebut maka teknik analisis data menggunakan memakai analisis varians “Anara” jika terdapat perbedaan nilai rata-rata antar pengujian lanjut yaitu memakai taraf BNT pada taraf = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tidak terdapat perbedaan signifikan pada jumlah kecoa yang menjauhi masing-masing bumbu dapur sebagai repalan alamih, hal itu dapat dilihat dari tingkat persentase dimana rata-rata persentase kecoa yang menjauh dari bumbu dapur berkisar antara 70% sampai dengan 100% dengan rata-rata persentase sebesar 91.38% serta bumbu dapur mulai dari kunyit, serai, kayu manis, jahe, kencur, pala, cengkeh, daun jeruk, lada dan lengkuas cukup efektif untuk digunakan sebagai repalan alamiah hal itu terlhat dari rata-rata daya tahan masing-masing bumbu dapur mampu bertahan diatas 50% bahkan ada yang mencapai 100% selama 72 jam Kata kunci: Bumbu Dapur, Repelen Alami, Kecoa Amerika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:44
Last Modified: 03 Feb 2021 05:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13149

Actions (login required)

View Item View Item