UJI ANTIBAKTERI EKSTRAK KULIT BUAH PISANG KEPOK DAN KELOPAK JANTUNG PISANG KEPOK (Musa acuminata) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli

AZIZ, KURNIAWAN (2021) UJI ANTIBAKTERI EKSTRAK KULIT BUAH PISANG KEPOK DAN KELOPAK JANTUNG PISANG KEPOK (Musa acuminata) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Aziz Kurniawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia memiliki keragaman hayati salah satunya adalah tumbuhan pisang. Sisa olahan dari produk buah pisang kepok (Musa acuminata) dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri Escherichia coli. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pengaruh ekstrak kulit buah dan kelopak jantung pisang kepok (Musa acuminata) sebagai antibakteri Escherichia coli dan mengetahui perbandingan konsentrasi yang paling ampuh sebagai penghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL), 6 perlakuan dengan 3 kali pengulangan. Rasio konsentrasi perlakuan yaitu 20:80%, 40:60%, 60:40%, dan 80:20%, kontrol positif dan kontrol negatif. Analisis data menggunakan One Way Anova dengan aplikasi SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p< 0.05 sehingga, H1 diterima. Artinya, ada pengaruh antibakteri dari ekstrak kulit buah dan kelopak jantung pisang kepok (Musa acuminata) sebagai antibakteri Escherichia coli Konsentrasi yang sangat ampuh untuk antibakteri Escherichia coli yaitu pada konsentrasi 80%:20%. Kata kunci: Escherichia coli, kulit buah dan kelopak jantung pisang kepok(Musa acuminata).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:40
Last Modified: 03 Feb 2021 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13148

Actions (login required)

View Item View Item