IMPLEMENTASI TEKNIK DESENSITISASI SISTEMASIS TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI

DENIS, IRWIN (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK DESENSITISASI SISTEMASIS TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan berbicara di depan umum merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh setiap orang termasuk mahasiswa. Permasalahan kecemasan berbicara di depan umum tersebut tentunya dapat diatasi dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematis. Desensitisasi sistematik melibatkan teknik relaksasi. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini adalah 277 mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2017 dengan bimbingan dari 3 dosen mata kuliah praktikum. Dalam pengambilan sampel, penulisan menggunakan accidental sampling, jumlah sampel yang didapatkan oleh penulis yaitu berjumlah 13 orang mahasiswa aktif jurusan KPI Angkatan 2017 dan 3 dosen pengampu mata kuliah praktikum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada beberapa aspek atau ciri-ciri dari gangguan kecemasan berbicara di depan umum yang dirasakan oleh mahasiswa jurusan KPI Angkatan 2017, dan untuk membantu mahasiswanya mengatasi kecemasan tersebut tentunya dosen sebagai pembimbing memberikan teknik yang dapat digunakan mahasiswa. Secara istilah tidak disebutkan teknik desensitisasi sistematis, tetapi secara teori atau dalam penyampaiannya teknik yang digunakan adalah teknik desensitisasi sistematis yaitu melibatkan teknik relaksasi dengan cara mengatur pernafasan, mengontrol pikiran, berdoa, dan senantiasa berlatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:18
Last Modified: 03 Feb 2021 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item