PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG

Devi Lidyawati, lid (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Devi Lidyawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Kemampuan Pemahaman Konsep peserta didik di SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learnng (PBL) Berbasis Etnosains pada mata pelajaran Biologi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep peserta didik di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasy Experiment dan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik X MIA yang berjumlah 213 peserta didik, untuk teknik sampel menggunakan cluster random sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen, kemudian kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (Pretest dan Posttest), angket. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji Multivariate (Manova) dengan memperoleh nilai Sig. 0,00 maka sesuai dengan kriteria uji Multivarite (Manova) berarti H1 diterima, artinya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains berpengaruh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Sedangkan untuk uji Between Subjects Effects memperoleh data Kemampuan Pemahaman Konsep dengan nilai sig. 0.000 maka sesuai dengan H1 diterima, artinya model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnnosains dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep peserta didik pada mata pelajaaran Biologi di SMA Negeri 14 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:55
Last Modified: 03 Feb 2021 04:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item