PENGARUH PRODUKSI DAN HARGA TEH INTERNASIONAL TERHADAP NILAI EKSPOR TEH INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2010-2018

Senja, Ayu Pratiwi (2021) PENGARUH PRODUKSI DAN HARGA TEH INTERNASIONAL TERHADAP NILAI EKSPOR TEH INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2010-2018. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SENJA AYU P BARU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Teh merupakan salah satu komoditi perkebunan Indonesia yang dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada ekspor Indonesia sebagai sumber devisa negara.ekspor teh di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor produksi dan harga. Produksi memiliki pengaruh bagi nilai ekspor dikarenakan jika produksi meningkat maka ekspor teh juga akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pegaruh produksi terhadap nilai ekspor teh di Indonesia, bagaimana pengaruh harga teh Internasional terhadap nilai ekspor teh di Indonesia, bagaimana pengaruh produksi dan harga teh Internasional terhadap nilai ekspor teh di Indonesia, dan bagaimana perspektif ekonomi islam mengenai perdagangan internasional (ekspor impor). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produksi terhadap nilai ekspor teh di Indonesia, untuk mengetahui pengaruh harga teh Internasional terhadap nilai ekspor teh di Indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi islam mengenai perdagangan Internasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini merupakan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari studi kepustkaan antara lain mencakup dokumen-dokumen resmi, buku-buku dan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel produksi tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor teh. Dibuktikan dari hasil uji t yaitu nilai signifikansi untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,264>0,05 dan t-hitung sebesar 1.232 sedangkan ttabel sebesar 1,895 berarti H1ditolak dan H0 diterima, hal ini disebabkan karena saat produksi meningkat tidak selalu nilai ekspor juga meingkat dikarenakan penawaran yang banyak. (2) berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel harga teh internasional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor teh diketahui nilai signifikan pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar -0,474>0,05 dan thitung -0,763 sedangkan ttabel sebesar 1,895 dapat diketahui thitung<ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak H0 diterima, hal ini disebabkan karena apabila harga teh internasional naik, maka jumlah permintaan akan teh turun, dan begitu pula sebaliknya.(3) Berdasarkan hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 0,399>0,05 dan fhitung sebesar 1.076 sedangkan ftabel sebesar 4.737 dapat diketahui fhitung>ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa produksi(X1) dan harga(X2) tidak berpengaruh terhadap nilai ekspor(Y). Kata Kunci : Produksi, Harga Teh Internasional, dan Nilai Ekspor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2021 05:07
Last Modified: 02 Feb 2021 05:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13124

Actions (login required)

View Item View Item