Studi Kompetensi Pedagogik Calon Guru Biologi Di UIN Raden Intan Lampung Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Terhadap Perkembangan Peserta Didik

Wanda, Agus Prasetya (2021) Studi Kompetensi Pedagogik Calon Guru Biologi Di UIN Raden Intan Lampung Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB1,BAB2 DAPUS     Wanda Agus P.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL  SKRIPSI   Wanda Agus P.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU BIOLOGI DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DAN KAITANNYA DENGAN PEMAHAMAN TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Oleh: Wanda Agus Prasetya Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung dan menelisik pemahaman perkembangan peserta didik oleh mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung, serta menganalisis hubungan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung dengan pemahaman perkembangan peserta didik, yang meliputi: persiapan kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, dan komunikasi peserta didik. Metode penelitian yang diterapkan yakni penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Sampling purposive. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa calon guru biologi UIN Raden Intan Lampung yang telah mengambil program mata kuliah Evaluasi Pembelajaran, Telaah Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, dan Microteaching, serta bersedia menjadi informan di dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan Uji Kompetensi Guru (UKG). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, sedangkan teknis analisis data yang digunakan pada penelitian antara lain reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru biologi di UIN Raden Intan Lampung menunjukkan kriteria cukup dengan nilai rata-rata akhir sebesar 54,42. Pemahaman perkembangan peserta didik oleh mahasiswa calon guru biologi di UIN Raden Intan Lampung menunjukkan kriteria cukup dengan nilai rata-rata akhir sebesar 55,95. Dapat ditafsirkan terdapat hubungan/ keterkaitan antara kompetensi pedagogik guru terhadap pemahaman calon guru mengenai perkembangan peserta didiknya. Bahwa semakin baik kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru, maka semakin baik pula pemahaman mahasiswa calon guru terhadap perkembangan peserta didiknya, sebaliknya jika semakin tidak baik kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru, maka semakin tidak baik pula pemahaman mahasiswa calon guru terhadap perkembangan peserta didiknya. Key words: Calon guru, Kompetensi pedagogik, Perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:12
Last Modified: 29 Jan 2021 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item